Thursday, January 5, 2017

Asyiknya Wisata Pantai Parang Tritis Yogyakarta

pantai parang tritis jogjakarta

Pantai Parang Tritis adalah tempat wisata pantai yang terkenal di Yogyakarta. Pantai ini lebih dikenal dengan nama pantai Paris yaitu pantai Parang Tritis. Tempat ini berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Yogyakarta dan berlokasi di daerah Bantul. Pantai yang selalu ramai dikunjungi ini sepertinya sudah menjadi pantai yang istimewa di hati warga jogja bahkan bagi wisatawan luar daerah dan mancanegara, terbukti dengan jumlah wisatawan yang selalu ramai bahkan pada hari libur dan musim liburan. Maka tidak heran bila di tempat wisata ini semua fasilitas sangat lengkap seperti tempat-tempat parkir kendaraan baik roda 4 maupun sepeda motor, puluhan kamar mandi umum yang tersebar di banyak tempat, arena berenang air tawar bagi anak-anak(wahana ini terlihat semi permanen dan dikelola oleh warga/perseorangan, tanpa bangunan permanen, hanya galian pasir beralaskan plastik dan dipenuhi air tawar-cukup menyenangkan bagi anak-anak), ATV, delman/bendi, persewaan tikar, penjaja makanan minuman, asesoris oleh-oleh, rumah-rumah makan, penginapan-penginapan dan hotel, dan mungkin masih banyak lagi. Penasaran? Sebelum datang ke tempat ini, ada baiknya anda membaca review singkat di bawah ini, mungkin membantu anda untuk lebih mengenal pantai parang tritis ini.

Rute Menuju Pantai Parang Tritis Jogja

Bila berbicara mengenai pantai parang tritis, bagi warga jogja sudah sangat hapal bahkan seperti jadi pakem kalau mau ke pantai ya pilihannya ke parang tritis. Saya sudah berkali-kali ke tempat ini dan meskipun sudah sangat sering namun saya belum bosan dengan tempat ini, kapan-kapan masih ingin kembali ke sini lagi. Bagi saya, pemandangan di pantai Parang Tritis ini cukup berbeda dari pantai-pantai lain. Pantai ini terhampar sangat luas dan memanjang bahkan untuk menyusurinya mungkin lebih nyaman dengan menaiki delman/bendi. Hamparan pasir hitam yang tersapu ombak menyisakan buih-buih di sepanjang garis pantai. Ombak-ombak kecil yang datang dan pergi menyapu apapun yang adai di pasir. Rasakan sensasi deburan ombak-ombak kecil yang menyapu betis kita dan bahkan terkadang ombaknya naik hingga lutut. Bila anda takut terbawa ombak, jangan terlalu jauh dari pantai dan patuhi petunjuk-petunjuk yang diberikan olah penjaga pantai. Asal tahu saja bahwa di beberapa titik, terdapat bagian yang dalam sehingga berbahaya bila melintas di situ bahkan hanya berdekatan dengannya karena bisa jadi cekungan pasir ini bisa meluas ke sekitarnya akibat sapuan ombak. Namun jangan kawatir karena para penjaga pantai sudah mengantisipasi ini dengan memberikan rambu larangan dan bahkan daerah terlarang ini selalu diawasi oleh petugasnya, jadi patuhi nasihat mereka sehingga kita akan aman.

Pemandangan Indah Wisata Pantai Parang Tritis

Bermain pasir di pantai adalah keasikan tersendiri bagi anak-anak terlebih lagi balita. Mereka tak pernah bosan-bosannya bermain pasir sekaligus air laut. Sekedar menggali pasir dengan tangan-tangan kecil mereka, membenamkan kaki-kaki di pasir tersebut dan menimbunnya kembali dengan pasir dan membiarkan ombak kecil menyapu kaki sehingga jari-jari kaki kembali terlihat, adalah keasikan khusus bagi mereka. Berguling-guling di pasir sambil bermain air laut, atau sekedar berlari-lari kecil dalam deburan ombak kecil. Kalau bagi orang dewasa, mungkin sekedar berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan pantai sudah cukup berkesan. Apalagi kalau menyusuri pantai dengan menaiki bendi/delman kecil yang disewa di sini.

Kalau datang ke pantai parang tritis sebaiknya jangan siang hari ya, soalnya panas nya wow mantap. Lebih baik datangnya pagi atau sore sekalian. Kalau saran saya sih pagi karena air laut nya pas lagi surut jadi aman bagi kita dan keluarga. Mungkin masih banyak yang bisa ditambahkan namun untuk sementara informasi tentang pantai paris ini cukup disini dulu, bila nanti ada waktu lagi akan ditambahkan lagi deh. Selamat berlibur di pantainya jogja pantai Parang Tritis.

No comments:

Post a Comment