Sunday, January 1, 2017

Wisata Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu wisata di Jogja yang cukup menarik bagi wisatawan maupun sejarawan kalian bakal rugi jika tidak mengunjungi tempat wisata ini karena tempat ini adalah wisata,museum,sejarah,benteng semuanya menjadi satu dan dikemas secara professional dengan perpaduan technology yang modern sehingga menjadi museum yang luar biasa.

Pertama kali kesana kita akan disuguhkan dengan pintu gerbang ala jaman penjajahan Belanda dan jembatan yang dibawahnya parit, setelah memasuki itu akan langsung disambut dengan beberapa gedung ala belanda juga jika dilihat dari luar namun ketika masuk semua tlah dikolaborasi dengan teknologi terkini seperti pintu otamatis, lampu led sepanjang estalase dan bioskop untuk memutar film film documenter dll.

Museum Benteng Vredeburg dahulunya adalah benteng pertahanan belanda, Benteng Vredeburg didirikan oleh belanda pada masa Sultan Hamengku Buwana I tujuan pertama didirikan Benteng Vredeburg yaitu untuk melindungi keraton dari serangan musuh yang tidak diduga duga tetapi tujuan sebenarnya untuk memata matai kegiatan yang ada dikeraton dan gerak gerik sultan. Jarak antara kraton dan Benteng Vredeburg sekitar 100 meter sekitar satu lontaran meriam pada masa itu.

Bangunan Benteng Vredeburg berbentuk persegi dengan dekelilingi parit dan tembok yang kokoh dan kuat guna memperkuat bangunan serta agar musuh kesulitan untuk menyerang dan disudut barat diberi tiga patok untuk menaruh meriam yang mengarah langsung ke kraton Jogjakarta guna persiapan bagi mereka para penjajah jika sultan berkhianat dan membelot. Nama asli benteng ini dahulunya adalah benteng Rustenburg yang berarti “benteng perdamaian”.

Kemudian pada tahun 1867 Jogja diguncang dengan gempa yang dahsyat dan mentebabkan beberapa bangunan di tempat ini runtuh maka setelah itu diadakan perombakan dan setelah selesai nama benteng ini diganti menjadi benteng vredeburg yang berarti “benteng peristirahatan”. Sebenarnya sejarah ini sangat panjang tetapi disini saya hanya menuliskan kejadian kejadian yang penting saja. Untuk mengetahui lebih jelasnya bisa langsung ke tempat ini dan bisa mencarinya dibuku sejarah serta browsing diinternet tentang sejarahnya yang detai.

Museum Benteng Vredeburg terletak ditempat yang sangat strategis yaitu di ujung pusat wisata malioboro kiri jalan sebelum monument nasional adapun alamatnya Jl. Jenderal A. Yani No. 6 Yogyakarta INDONESIA, jika kalian belum tau juga silahkan Tanya kepada penduduk sekitar. Jika kalian menaiki trans Jogja kalian bisa langsung ambil yang jurusan malioboro dan berhenti di shelter ke 3 pas didepan museum benteng vredeburg. Adapun tiket masuk ke museum ini sekitar Rp 3000.

Jangan lupa untuk mengunjungi website kami lagi. Selamat berwisata dan terima kasih. Bagikan kepada teman-teman dan orang yang Anda cintai.

No comments:

Post a Comment